Memilih Kata dalam Puisi

Halo sobat semua!!!! Kembali lagie nih, memasang Postingan!!! baik kali ini Vio bakal membahas Puisi lagie, melanjutkan Pembahasan sebelumnya!!.
Baiik, kalau dalam pembahasan sebelumnya Kata adalah unsur utama terbentuknya sebuah puisi. Pemilihan kata (diksi) yang tepat sangat menentukan kesatuan dan keutuhan unsur-unsur yang lain. Kata-kata yang dipilih diformulasi menjadi sebuah larik.
Nah, sekarang, bagaimana menentukan kata-kata yang tepat sehingga membentuk suatu kesatuan Puisi yang indah?? Dalam hal, ini untuk orang-orang yang terbiasa menulis, tentu saja tidak akan kesulitan dalam menghadapi hal ini, namun beda halnmya dengan orang yang baru belajar, ataupun hanya orang-orang yang sedang mengerjakan tugas sekolahnya. bisa repot tuh,, hehehe....
Baik di sini Vio akan membantu sobat sekalian yang ingin belajar, tapi bukan berarti Vio Menggurui Loh, Vio hanya membagikan ilmu yang Vio punya kepada kalian yang ingin belajar.
KITA MULAI!!!!
1. Cari Suasana yang PAS!
Ini Dia hal yang paling berpengaruh buat kita untuk menulis! memang namanyaPuisi pasti berkaitan dengan aspek perasaan kan!! bagi orang yang sudah ahli, tentu tidak perlu susah-susah untuk mencari suasana yang Pas, karena segala yang ada di sekitarnya bisa dijadikan bait kata yang Indah, nah buat kalian yang belum terbiasa, coba deh berjalan-jalan sejenak, dan perhatikan lingkungan sekitar kalian, pasti ada yang bisa menginspirasi kalian untuk membuat suatu kata!


2. Pilih kata yang Tidak Awam
Nah, untuk menghasilkan Puisi yang bagus juga perlu nih, kata-kata yang tidak biasa, maksudnya?? nah sob, terkadang kita tidak memperhatikan keindahan bahasa yang kita tulis dalam puisi. Kitahanya menuliskan apa yang kita pikirkan saja. dan tidak jarang bahkan kebanyakan hanya menggunakan bahasa yang awam di pakai..... saya kasih contoh ya
" saat itu aku berjalan di tepi pantai di temani mentari senja"
nah kutipan puisi di atas kalian akan sangat mudah mengerti kan? memang bagus mudah di pahami tapi kalo menurut aku ya kurang indah dalam penggunaan katanya perhatikan juga yang satu ini
" Kala ituDaku berjalan di tepi debur Ombak yang berhiaskan syafaq merah "
terlihat kan perbedaannya??
kalau di perhatikan kata aku dan daku itu sama kan, hanya setelahnya ditambah huruf"D" herhe, bukan itu intinya.. tapi kata aku terlalu sering di gunakan oleh orang banyak, tapi daku,jarang kan, lalu kata di tepi pantai, sama artinya di tepi debur ombak, toh masih darerah pantai ini, tapi disini kita mengajak pembaca untuk merasakan suasana pantai yang sebenarnya!dan satu lagie kata mentari senja sama syafaq merah sama-sama sore, tapi kata mana yang lebih unik dan jarang di gunakan orang banyak.


3.Ingat kata yang muncul
Terkadang nih Sob, yang aku rasakan juga, kata-kata yang indah itu muncul ketika kita tidak ingin menulis puisi, tiba-tiba muncul aja di pikiran, nah kalau bisa kamu punya buku catatan tersendiri untuk menulis puisi, jadi ketika ada kata-kata indah yang trerlintas kamu bisa menyimpannya dan nanti bisa di selipkan ketika kamu menulis puisi.

4. Mencari Referensi
Kalau kita mau belajar tentu saja kita belajar dari yang ahli kan,? nah untuk itu bayak-banyak lah membaca hasil karya puisi orang lain yang menurut kamu itu bagus, karena dengan membaca puisi orang lain secara tidak langsung perbendaharaan kata kita akan bertambah dan tentunya feel yang kita dapat akan lebih terasa, kalo kata orang se3karang itu LEBIH PUNYA TASTE!!!!!

Baik Sob untuk saat ini itu dulupembahasan dari VIo!! untuk pembahasan selamnjutnya tunggu aja ya!!!!!!


1 komentar to "Memilih Kata dalam Puisi"

:nangis :rate :lebay :hoax :nyimak :hotnews :gotkp :wow :pertamax :lapar :santai :malu :ngintip :newyear

Posting Komentar

Faceblog

Mengenai Saya

Foto saya
Hi semua kenalin aku Fikri Ario Rosmana, anak kedua dari tiga bersaudara. tinggal di cianjur. dan sedang menjalani masa-masa kuliah

web counter..

Free Counter

Page Rank

Powered by  MyPagerank.Net Yahoo bot last visit powered by MyPagerank.Net

Followers

Blog Pulpen Ario Rosmana's Fan Box

About This Blog

Jangan Asal Bikin Status

Tukeran link



Copy kode di bawah masukan di blog anda, Nanti Vio akan segera linkback kembali



Multimedia

:P

Terima kasih Telah Mengunjungi Blog Saya!!!
Mohon Kritik dan sarannya ya!!!!!
 FIKRI ARIO ROMANA
Web hosting for webmasters